My First Job as Software Tester

Pertama kalinya merasakan pengalaman bekerja di dunia IT sebagai Software Tester. Balicamp lah yang mengajarkan saya dan memberikan ilmu tentang bagaimana menjadi seorang Software Tester.

Ternyata awal beradaptasi dengan lingkungan kerja langsung membantu saya untuk bisa langsung mengenal yang namanya proses development sebuah aplikasi. Software tester adalah sebuah profesi yang dapat dikatakan masih baru di dunia software, walaupun sebenarnya dalam dunia nyata pengembangan software, pekerjaannya ada dan sudah dilakukan, tetapi masih belum dipisahkan secara khusus. Umumnya melekat kepada pemrogram untuk melakukan pengujian software.
Software tester adalah orang yang melakukan proses pengujian software/aplikasi. Dimana pekerjaan sebagai Software Tester adalah pekerjaan yang sangat menarik, dimana kita harus mencari kesalahan aplikasi yang tidak sesuai dengan keinginan klien(requirement/business process).

Kemudian kita harus lebih teliti dalam mencari ketidaksesuaian aplikasi yang sedang dalam proses development baik itu ketidak sesuaian requirement maupun perubahan SIAR ato CR yang diinginkan oleh user.
Proses testing disini masih menggunakan proses manual testing. Mungkin kedepannya dalam proses testing sebuah aplikasi ada baiknya menggunakan tools karena dengan bantuan tools tersebut proses testing menjadi lebih cepat dan tidak membutuhkan waktu yg lama.

Adapun tugas-tugas yang harus dilakukan oleh seorang Software Tester diantaranya :
1. Membuat Test Script sesuai dengan SRS
2. Membuat checklist modul apa saja yang akan dites(dilakukan setiap hari)
3. Menginputkan Bug-bug yang terdapat di aplikasi ke dalam bugzilla.
4. Melakukan proses deployment setiap harinya ke server sehingga setiap ada perubahan Tester mengetahui perubahan yang terjadi dan bisa lebih dini menemukan bug-bug yang baru setelah perubahan tersebut dilakukan.
5. Melakukan SIT pada aplikasi
6. Melakukan smoke test pada aplikasi yang akan di UAT kan oleh klien.
7. melakukan testing aplikasi dari test scenario yang telah dibuat oleh Business Analyst.
8.berkoordinasi dengan tim developer setiap ada bug yang ditemukan dan menjelaskan setiap bug yang ditemukan agar tim developer bisa segera memperbaiki setiap bug yang ditemukan oleh Tester.

Hmm...
mungkin segitu dulu deh penjelasan saya sebagai Seorang Software Tester..mungkin setelah membaca sedikit cerita mengenai pengalaman saya sebagai seorang Software Tester ada yang langsung berminat mencobanya!!!!
cool guys..pekerjaan ini menyenangkan...
pesan saya: selalu bekerja keras dan ikhlas dalam menjalankan atau melakukan sesuatu pasti akan nikmat sekali...:D
Share this article :
 

+ comments + 8 comments

12 Juni 2012 pukul 14.46

saya baru saja mau memulai pekerjaan ini, sekiranya bisa memberikan pengetahuan tentang software tester lebih banyak lagi... saya berterimakasih banyak atas artikel ini.

12 Juni 2012 pukul 14.59

thanks vach, yang sudah mau berkunjung ke blog saya. Sebenarnya untuk pekerjaan ini tidak memerlukan keahlian khusus coding, hanya saja butuh ketelitian terhadap page web yang akan ditesting maupun data akurat yg akan dikeluarkan dari sebuah aplikasi. Adapun automatic tools testing yang sudah banyak beredar yang nantinya dapat membantu pekerjaannmu nantinya. Bisa dilihat pada blog saya yang berlabel Automatic Tools Testing. Apabila berkenan silahkan untuk mereviewnya. :)

1 April 2013 pukul 01.57

Artikel ini sangat berguna bagi tester software di kalangan pemula seperti saya. Terima Kasih

1 April 2013 pukul 12.07

sama2 mas verdy, senang bisa membantu :)

10 Agustus 2015 pukul 14.22

Terimakasih atas penjelasannya mas, berguna sekali bagi org2 yg seperti saya yang ingin memulai karir sebagai Software Tester :D

10 Agustus 2015 pukul 14.23

Terimakasih atas penjelasannya mas, berguna sekali bagi org2 yg seperti saya yang ingin memulai karir sebagai Software Tester :D

19 April 2016 pukul 22.07

terima kasih informasinya, sangat membantu membuka wawasan tentang software tester di dunia pekerjaan IT

3 Oktober 2016 pukul 12.48

Nice artikelnya. share lagi donk Gan, tentang dunia tester, terutama Quality Assurance Testing.
terima kasih

Posting Komentar

Thanks for the comment :)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. GOSHA BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger