WATERMARKING PADA CITRA DIGITAL MENGGUNAKAN GABUNGAN DWT-DCT

This is my final Project to get my graduation:

Abstrak
Kemudahan dalam pengaksesan data multimedia menyebabkan diperlukannya suatu sistem keamanan yang dapat mengamankan informasi dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Salah satu metoda pengolahan digital untuk keamanan data digital adalah digital watermarking. Digital watermarking adalah suatu cara untuk melindungi hak milik intelektual atas produk multimedia dengan menyisipkan watermark digital ke dalam data multimedia tersebut. Blind watermarking adalah proses watermarking dimana tidak memerlukan data asli pada proses ekstraksi untuk mendapatkan watermark yang disisipkan.
Pada tugas akhir ini disimulasikan metode gabungan DWT-DCT pada citra digital. Channel luminance diperoleh dari konversi warna RGB yang kemudian digunakan untuk mendapatkan rasio penyebaran dari nilai perubahan pada subband. Selain itu, untuk memperkuat teknik penyembunyian serta meningkatkan keamanan, data watermark terlebih dahulu diacak sebelum disisipkan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan pola bilangan acak yang dibangkitkan dengan algoritma pseudorandom number generator (PRNG).
Setelah melakukan pengukuran secara obyektif maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode gabungan DWT-DCT menunjukan kinerja yang baik dalam teknik Blind Image Watermarking, karena citra watermarking memiliki PSNR rata-rata lebih besar dari 44,8 dB. Watermark ekstraksi memiliki tingkat sensitivitas yang cukup baik terhadap hilangnya informasi pada citra watermarking akibat terkena attack. Selain itu, watermark juga memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap gaussian noise, kompresi JPEG dan rescaling sehinga bisa digunakan untuk fungsi copyright, namun watermark tidak tahan terhadap attack berupa rotasi.

Kata kunci: Citra Digital, Blind Watermarking, Channel Luminance, PRNG, Watermark, Attack, DWT-DCT

Abstract
Ease to access multimedia data causing needed a security system which can pacify the information from unconcerned sides. One of digital processing method for the security of digital data is digital watermarking. Digital watermarking is one of way to protect intellectual property of multimedia products by inserting digital watermark into the multimedia data. Blind watermarking is watermarking process where doesn’t need original image at extraction process to get the insertion watermark.
This final project show a simulation of blind watermarking method in fusion DWT-DCT at digital image. Luminance Channel obtained from color conversion of RGB which is later used to get spreading ratio of change value at subband. Besides, to strengthen hiding technique and also improve security, watermark data must randomize before inserted. It is conducted by using random number pattern which awakened with algorithm of pseudorandom number generator (PRNG).
After using objective and subjective measurement, finally concluded that fusion DWT-DCT method have shown good performance in blind image watermarking technique. This conclusion is based on fact that watermarked image had mean of PSNR more than 44,8 dB. Watermark extraction has good enough sensitivity level to information loose at watermarked image by attack. Besides, watermark also has good enough in robustness to Gaussian noise, JPEG compression and rescaling, so it can be use for authentication, but it still have a weak is susceptible from rotation attack.

Keywords: Digital image, blind watermarking, luminance channel, PRNG, watermark, attack, DWT-DCT.
Share this article :
 

+ comments + 12 comments

rochi
20 November 2009 pukul 17.18

mas/mbak kalau boleh tahu saya minta tolong diajari cara ekstraksi biar dapat watermarknya. saya juga sedang mengerjakan blind watermarking pakai dwt, tapi belum tahu cara mengekstraknya. kalau tidak keberatan kirim di email ya.

gsha
23 November 2009 pukul 10.40

Sudah saya kirimkan via email. Tolong dibaca dulu. Untuk proses selanjutnya kmu bisa kirim lewat blog ato k email saya gosha_st3_cool@yahoo.co.id
Thanks.

Gosha

Nindya Yosita
11 Maret 2011 pukul 11.32

perkenalkan mas nama saya Nindya..saat ini saya sdg mengambil skripsi mengenai watermarking..jika mas brkenan, saya boleh minta copy file skripsinya ga buat rferensi saya,,trimakasih byk sblumnya.. ^^

gsha
12 Maret 2011 pukul 21.45

sebelumnya terima kasih yah sudah mampir ke blog saya Nindya..:)
kalau ingin referensi TA saya boleh saja, file yang kamu pengen apa saja?jurnal TA saya atau beberapa file saja??nanti saya bisa kirimkan ke email kamu..:)

Nindya Yosita
13 Maret 2011 pukul 15.46

trimakasih atas tanggapannya yg sangat baik mas..emailny sdh saya blas ke emaillmu..^^
Thanksss

Anonim
19 Oktober 2013 pukul 12.48

mbak aku mau belajar watermarking pake matlab...boleh nggah minta referensi .terimakasih

19 Oktober 2013 pukul 16.35

boleh aja, kalo mau bisa saya kasi referensi jurnal TA saya yg menggunakan Matlab. Please attach the email and i will give the refference

19 Februari 2014 pukul 22.42

maaf mas sebelumnya,, nama saya Ryan,, saya sekarang ngambil skripsi tentang watermarking,, kalau gak keberatan saya minta copy file dari skripsi mas untuk bahan referensi saya,, apa bisa mas?? mungkin saya juga minta bantuan buat pencerahan mas..
Terimakasih sebelumnya...

21 Februari 2014 pukul 14.48

Hallo Ryan,

Thank you ya sudah berkunjung ke blog saya. Untuk bahan bisa saya berikan, bisa minta alamat emailnya?jadi bisa saya email semua bahan yg berkaitan dengan tugas akhir saya dulu.

Salam,
Gosha

24 Februari 2014 pukul 20.12

Ini mas email saya, ryan.pratama0892@gmail.com

Terimakasih sebelumnya mas Gosha atas bantuannya...

1 April 2014 pukul 14.11

nama saya Mira, sekarang saya sedang ambil tugas akhirtentang blind watermarking juga. Kalo gak keberatan boleh minta file jurnal atau file pendukung lainnya gak buat referensi?
Ini email saya miratul.mahmudahh@gmail.com
Terima kasih sebelumnya :)

3 November 2014 pukul 17.55

nama saya jamsir,,,skarang lg ngerjain TA mengenai blind watermark yg bersifat visible menggunakan DCT dibuat menggunakan java,,, namun z terkendala dalam proses penyisipan dan ekstraksi watermark,,,!! bleh nggak minta file jurnal atau file pendukung ,,,untuk di jadikan referensi agar bisa membantu masalah d atas...!!! ni emailku Crownjamsir@gmail.com
terimakasih sebelumnya

Posting Komentar

Thanks for the comment :)

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. GOSHA BLOG - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger